Retinol Untuk Usia Berapa? Ini Penjelasanya

Retinol Untuk Usia Berapa – Dulu orang orang mengenal skincare dengan sebutan krim malam ataupun krim pagi. Namun semakin banyaknya literasi membuat banyak orang mulai peduli dengan bahan yang digunakan. Bahkan sejumlah brand mulai menggunakan nama bahan aktif untuk menamai produknya.

Retinol atau retinoid merupakan zat yang dibuat dari vitamin A. Di awal penggunaanya yakni tahun 1970an dikenal sebagai obat jerawat. Namun kini dengan semakin banyaknya penelitian, diketahui memiliki banyak fungsi atau manfaat. Salah satunya adalah untuk mencegah penuaan.

Retinol sendiri memiliki beberapa jenis seperti retinyl palmitate, retinaldehyde, dan adapalene yang banyak ditemukan di pasaran. Terdapat pula jenis retinol yang kuat seperti tazarotene dan tretinoin. Keduanya memang memberikan pengaruh yang kuat, namun resiko terjadi iritasi juga besar.

Manfaat Retinol Untuk Wajah

Sejumlah produk skincare juga banyak yang menggunakan vitamin A yang satu ini seperti Avoskin, Somethinc, Wardah dan lain sebagianya. Umumnya hadir dalam bentuk serum.

1. Anti Aging

Retinol dikenal sebagai gold standart untuk anti aging. Pasalnya mampu memperlambat proses penuaan kulit dengan memelihara lapisan kulit terluar atau epidermis, mencegah penurunan produksi kolagen dan menghidrasi kulit.

2. Memperbaiki Tekstur Kulit

Bahan aktif ini mampu masuk hingga di bawah lapisan epidermis. Ketika sudah masuk ke bagian tengah, maka akan memberikan efek pengelupasan untuk regeneras kulit.

3. Meningkatkan Elastisitas

Retinol juga diketahui mampu meningkatkan ketebalan epidermis serta merangsang pertumbuhan kolagen. Kolagen tersebut bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit.

4. Mencegah Jerawat

Agen komedolitik yang terkandung didalamnya mampu mencegah pembentukan komedo maupun jerawat.

5. Memudarkan noda hitam

Bintik hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari perlahan akan pudar dengan penggunaan secara rutin.

Retinol Untuk Usia Berapa?

Dari penjelasan diatas, jelas bahan ini adalah untuk produk anti aging yang berfungsi untuk mencegah penuaan. Jadi jika kalian sudah memiliki tanda tanda penuaan seperti munculnya kerutan atau garis halus, bisa menggunakannya.

Menggunakan retinol pada usia 20 tahun keatas sah sah saja apabila memang sudah ada tanda penuaan tersebut. Namun untuk penggunaan di usia remaja seperti 18 tahun kebawah memang diperhatikan dan dibatasi.

Pasalnya penggunaan retinol pada remaja akan beresiko terjadinya iritasi, kulit kering, kulit memerah dll. Namun apabila ada indikasi yang perlu untuk menggunakanya tetap bisa digunakan namun dengan pengawasan dokter.

Tips Menggunakan Retinol

Mengingat efek samping retinol ini bisa membuat iritasi, maka kamu juga perlu menggunakanya dengan tepat. Terutama terkait dengan frekuensi penggunaan, di seminggu pertama cukup gunakan satu kali saja dulu.

Nah apabila kulti langsung beradaptasi, maka bisa ditingkatkan menjadi 3 kali dalam seminggu. Apabila tidak menimbulkan efek apapun baru bisa digunakan setiap hari. Namun harus diperhatikan, penggunaanya adalah malam hari dan gunakan pelembab setelahnya.

 

Leave a Comment